Serba-serbi remaja: Tips menghadapi kencan pertama

  • Jatuh cinta adalah hal yang normal, itu momen yang sangat membahagiakan, bahkan kadang mampu mendorong seseorang menjadi lebih bersemangat dalam menjalani kehidupan. Namun, bagi sebagian orang jatuh cinta bisa menjadi sangat merepotkan, apalagi ketika harus menghadapi kegiatan kencan untuk yang pertama kali.

    Tidak setiap orang mampu mempersiapkan kencan pertama yang spesial. Karena itu, melalui beberapa tips berikut ini semoga bisa membantu agar kencan pertama Anda sukses dan membawa kenangan indah dalam kehidupan Anda.

  • 1. Ucapkan salam

    Dalam situasi apapun mengucapkan salam adalah sebuah kebiasaan yang baik, begitu pula saat Anda bertemu dengannya, karena dengan mengucapkan salam berarti Anda telah menyambutnya dengan cara yang hormat.

  • 2. Saling memperkenalkan diri

    Cara ini biasanya hanya dilakukan bila Anda baru pertama kali bertemu dengannya, dengan saling memperkenalkan diri Anda sudah membuka pertemuan dengan cara yang hangat, supaya berikutnya percakapan dapat berjalan dengan baik.

  • 3. Jangan gugup

    Rasa gugup menghadapi kencan pertama adalah biasa, semua orang pasti mengalaminya. Karena itu, jangan biarkan perasaan tersebut melemahkan Anda sehingga mengagalkan rencana, tetapi berusahalah untuk tetap tenang, kuasai diri dan cobalah bersikap dewasa.

  • 4. Perhatikan penampilan

    Ada yang bilang kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda. Karena itu, supaya kencan pertama Anda berhasil perhatikan cara berpakaian Anda, sebisa mungkin hindari berpenampilan secara asal-asalan baik ketika berada seorang diri atau saat sedang bersamanya, ini bertujuan untuk menciptakan kesan bahwa Anda sangat menghargai tubuh Anda.

  • 5. Berikan perhatian

    Pada saat bertemu dengannya berikan perhatian Anda, berikan pula pujian terhadap cara berpenampilannya, karena umumnya baik pria ataupun wanita paling suka kalau dipuji. Kemudian ketika mulai berbicara jadilah pendengar yang baik atau lontarkan guyonan-guyonan segar supaya suasana pertemuan tidak menjadi kaku.

  • 6. Selalu tepat waktu

    Ketika membuat janji untuk kencan jangan pernah datang terlambat, Anda harus pandai mengatur waktu, seandainya lokasi pertemuan jauh lebih baik Anda berangkat lebih awal, karena lebih baik menunggu daripada datang terlambat, supaya kekasih Anda semakin mengagumi Anda.

  • 7. Menjaga sikap

    Pada kencan pertama umumnya masing-masing pihak masih berusaha saling mengenal, karena itu segala bentuk perilaku ataupun tutur kata yang tidak sopan dapat menghancurkan acara tersebut. Oleh sebab itu, jagalah selalu tutur kata dan perilaku Anda, perlakukan teman kencan Anda dengan hormat supaya dia semakin yakin untuk mencintai Anda.

  • 8. Traktir dia

    Bila Anda sebagai pihak laki-laki tentu saja Anda yang harus terlebih dahulu mengeluarkan biaya untuk kegiatan kencan, tujuannya agar teman kencan Anda yakin bahwa Anda adalah pria yang bertanggun jawab. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti mengajaknya ke tempat wisata, mengajaknya makan, membelikannya sesuatu, dan sebagainya.

  • 9. Jemput dia di rumahnya

    Bagi laki-laki ketika Anda membuat janji kencan untuk yang pertama kali sebaiknya Anda datang menjemput ke rumahnya, tujuannya agar Anda bisa meminta izin kepada orangtuanya, sekaligus berkenalan dengan seluruh anggota keluarganya.

  • 10. Mempersiapkan diri sebaik mungkin

    Jauh-jauh hari persiapkan diri Anda sebaik mungkin, jagalah kesehatan Anda sehingga ketika tiba saatnya Anda sudah siap dan dapat menikmati kegiatan kencan Anda dengan sukacita.

  • 11. Mencari tahu tentang latar belakangnya

    Agar kegiatan kencan Anda berjalan lancar ada baiknya bila Anda mencari tahu terlebih dahulu tentang latar belakangnya, dengan demikian Anda akan punya banyak bahan untuk dibicarakan.

  • 12. Pilih lokasi yang nyaman

    Karena ini adalah kali pertama, maka carilah lokasi yang nyaman untuk tempat bertemu. Disarankan lebih baik melakukannya di rumah pihak wanita, tetapi bila tidak memungkinkan Anda bisa memilih di rumah makan, di taman, perpustakaan, pusat perbelanjaan, toko buku, dan sebagainya.

  • 13. Bicarakan topik-topik ringan dan menyenangkan

    Pada kencan pertama Anda harus santai, karena itu bicarakan topik-topik ringan dan menyenangkan, juga sering-seringlah tersenyum supaya teman kencan Anda semakin merasa nyaman di dekat Anda.

Reply