Cara Meningkatkan Percaya Diri Untuk Tampil Dimuka Umum

Cara Meningkatkan Percaya Diri Untuk Tampil Dimuka Umum
                 Hampir setiap hari kita melihat ceramah ustad di TV, hampir setiap akhir minggu kita melihat stand Up Comedian melucu di TV dan hampir setiap minggu pula kita melihat bapak Mario Teguh memberikan motivasi di Metro TV. tapi apakah anda tau kenapa mereka bisa seperti itu ?, dan jika anda memang tau lalu kenapa anda tidak setenar mereka ?, apakah anda pernah menanyakan hal tersebut dalam diri anda ?. jika kita melihat seseorang di TV entah itu ustad, stand Up Comedian maupun Motivator dll, pasti dalam lubuk hati kita yang paling kecil mengatakan bahwa “Ini orang keren banget saya mau jadi seperti kayak dia”  iya kan ?. sebenarnya satu hal yang membuat mereka seperti itu yaitu “Percaya Diri”. dan cara untuk meningkatkan percaya diri itu sebenarnya gampang, berikut ini ulasannya.

Cara Meningkatkan Percaya Diri Untuk Tampil Dimuka Umum 

1. Tampillah Serapih Mungkin

                Penampilan adalah hal yang penting untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang. apalagi jika kita tampil di depan umum, otomatis hal pertama yang akan dikomentari orang tentang kita adalah penampilan. Nah jika penampilan kita saja acak – acakan ataupun tidak terurus dalam berkegiatan sehari – hari bagaimana kita bisa tampil di depan umum ?. Maka dari itu ubahlah penampilan anda jika anda menarik maka penonton juga akan tertarik untuk melihat anda. 

2. Tersenyum

                Senyum adalah hal termudah yang bisa anda lakukan untuk mendapat kepercayaan diri. Dengan senyuman juga kita bisa mengubah mood seseorang yang tadinya jelek menjadi baik. maka dari itu jika anda sedang ingin tampil di muka umum, ada baiknya jika anda mengawalinya dengan senyuman.

3. Tataplah Mata Lawan Bicara Anda

                Jika Anda sedang berbicara didepan umum anda harus menatap mata orang yang anda ajak bicara. ingat yah Harus karena jika seorang pembicara tidak menatap lawan bicaranya ibarat dia seperti takut kepada penontonnya. maka dari itu kalahkan ketakutan tersebut dan lihatlah mata lawan bicara anda. 

4. Bicara Perlahan

                Kegugupan biasanya terlihat dari saat anda bicara. Jika cara anda berbicara itu terburu – buru atau mungkin terbata – bata maka orang pasti mengira kegugupan sedang menyelimuti anda, akan tetapi jika anda berbicara tenang dan perlahan maka orang – orang pasti mengerti dengan apa yang anda bicarakan dan beranggapan bahwa anda ini adalah seorang pembicara profesional.

5. Berdoa dan Menenangkan Diri

                Doa adalah salah satu cara agar seseorang bisa curhat kepada tuhannya. akan tetapi banyak sekali orang diluar sana yang beranggapan bahwa doa adalah jenis kegiatan yang sia – sia ataupun buang – buang waktu. orang – orang tersebut biasanya tidak percaya dengan kekuatan doa. oleh karena itu sebelum berbicara di atas panggung ada baiknya anda berdoa terlebih dahulu sambil menenangkan diri agar perasaan anda lega dan materi anda pun tidak terlupakan. 

6. Ubahlah Suara Dalam Diri Anda

                Biasanya jika seseorang akan berhadapan dengan sesuatu itu terdapat dua jenis suara yang berdengung di dalam hati dan pikirannya. ada suara yang positif dan memberikan dukungan, dan ada juga suara negatif yang menciutkan nyali. Seorang pembicara yang baik biasanya mampu mengatasi suara – suara tersebut dengan persiapan yang matang.