Bayi dengan kebutuhan tinggi. Apa itu?

  • Kebahagiaan Anda karena memiliki seorang bayi, lambat laun mulai bercampur dengan kelelahan yang tiada tara? Ya, wajar. Semua ibu merasakannya. Tidak ada satu pun yang tidak kaget karena ternyata mengurus bayi kecil mungil yang hobi nangis itu, ternyata amatlah melelahkan. Apalagi jika ia termasuk dalam golongan bayi-bayi berkebutuhan tinggi?

    Apa itu?

    Hal ini diungkapkan oleh Dr William Sears dalam bukunya yang ternama “The Baby Book”. Menurut Sears, ada beberapa ciri-ciri bayi dengan kebutuhan tinggi, yakni:

    1. Super peka. Mereka mudah terganggu dengan perubahan di lingkungannya, dan tidak siap menerima pilihan lain. Mereka mudah terkejut di siang hari, dan tidak begitu tenang di malam hari, misalnya.
    2. Tidak dapat dilepaskan dari gendongan. Bergerak, tidak diam terpaku, adalah ciri khas dari bayi-bayi ini. Mereka tidak mau lepas dari pelukan, dan bahkan payudara ibunya.
    3. Bukan penenang diri sendiri. Bayi ini tidak dikenal dengan kemampuannya menenangkan diri sendiri. Pangkuan ibu adalah kursi baginya, lengan dan dada ayah adalah tempat tiidurnya, payudara ibu adalah penenang dirinya. Mereka begitu pemilih dalam hal ibu pengganti yang tidak hidup, seperti dot, mainan.
    4. Intens. Ia selalu bersemangat setiap waktu. Bayi-bayi ini menghabiskan banyak energi dalam melakukan segala hal. Cirinya: menangis dengan keras dan tertawa dengan riang.
    5. Ingin disusui sepanjang waktu. Bayi dengan tipe ini bisa menyusu hingga dua bahkan tiga jam, tanpa henti.
    6. Sering terbangun. Mereka sering terbangun di malam hari, dan jarang memberikan kesempatan bagi orangtua untuk beristirahat lama di siang hari.
    7. Tidak mudah terpuaskan. Hal-hal yang dapat menyenangkannya pada hari ini, dapat berubah makna baginya di lain waktu.
    8. Hiperaktif, hipertonik. Mereka sering menggeliat ketika digendong,sampai Anda menemukan posisi gendongan kesukaannya.
    9. Menguras energi. Disamping menyalurkan begitu banyak energi ke hal yang tengah mereka kerjakan, mereka juga memakai energi orangtuanya.
    10. Tidak suka dipeluk. Bayi-bayi ini tidak suka digendong dengan gaya yang sama, setiap waktu.
    11. Menuntut. Bayi yang memiliki standar amat tinggi dan kepribadian kuat, untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

      Jika bayi Anda seperti ini, selamat! Anda mendapatkan hadiah anak yang cerdas dari Tuhan. Bayi dengan kebutuhan tinggi, memang membuat Anda kewalahan dan super lelah. Namun, menurut Sears, anak-anak ini adalah tantangan bagi orangtuanya. Mereka, dan kebutuhannnya yang tinggi itu, memaksa orangtua agar lebih kreatif.

    Coba pikirkan, bayi mana yang mendapatkan perawatan standar yang lebih tinggi dan yang paling hebat? Bayi-bayi ini juga jadi lebih dekat dengan orangtua, karena sering digendong dan disusui. Mereka lebih banyak mendapat belaian tangan, tempat yang luas, dan area tidur yang nyaman. Karean mereka begitu banyak tuntutan, mau tidak mau, orangtua harus berpikir lebih banyak dan kreatif. Orangtua dari bayi berkebutuhan tinggi ini, adalah orangtua yang paling pintar. Betul?

    Lagipula, menurut Sears, bayi berkebutuhan tinggi tidak akan kehilangan sifat dasarnya ini. Mereka hanya akan sedikit berubah, seiring pertumbuhan usia. Sifat-sifat yang sama ini, yang pada awalnya nampak seperti kecenderungan yang melelahkan, seringkali berubah menjadi aset bagi orangtua dan anak. Bila saja setiap isyarat yang diberikan oleh bayi, dibaca dengan tepat dan ditanggapi dengan sesuai.

    Mereka akan tumbuh menjadi anak yang kreatif, intens dan mampu merasakan emosi-emosi di sekitarnya. “Anak-anak yang banyak menerima, dapat menjadi pemberi, kelak” kata Sears.

    Jadi jangan khawatir, dan jangan mengeluh. Berikanlah segala kebutuhannya saat ia masih bayi. Ia akan merasa aman, tenang, dan bahagia karena percaya bahwa dirinya ada di tangan orang terhebat sedunia.

Incoming search terms:

Reply