7 Fakta yang Anda Belum Ketahui Seputar Bersin


Setiap orang pasti tahu rasanya bersin. Dimulai dari rasa menggelitik di dalam hidung, menarik napas, hingga semburan keluar. Namun kenapa kita bersin? Dan apa penyebabnya? Berikut tujuh fakta tentang bersin yang menarik untuk diketahui.


1. Bersin untuk melindungi paru

Bersin sejatinya merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi paru-paru dan organ lainnya dari kontaminasi. Ini berarti, saat bersin, tubuh mengeluarkan kontaminan dalam tubuh. Dalam istilah medis, bersin disebut pula sebagai sternutasi.

2. Bersin dipicu oleh kontaminan

Karena bersin merupakan mekanisme pertahanan, maka bersin pun dapat dipicu oleh banyak hal, termasuk flu, alergen (seperti polen atau bulu binatang), partikel seperti asap rokok, polusi, debu, atau jamur, udara dingin, hingga cahaya matahari terang.

Bersin diawali oleh peradangan pada lapisan sel terluar di dalam hidung. Peradangan ini kemudian memicu saraf kranial memberikan pesan pada otak untuk membentuk refleks bersin.

3. Udara bersin menyebar dengan cepat

Ketika bersin, udara yang keluar dari tubuh berkecepatan sekitar 150 kilometer per-jam. Bahkan para peneliti menemukan, udara bersin bisa melesat dengan lebih cepat.

4. Orang menutup mata saat bersin

Refleks bersin memicu tubuh untuk membentuk seluruh kontraksi otot, termasuk otot kelopak mata. Meskipun begitu, para pakar pun masih belum dapat menjelaskan mekanisme ini. Satu kemungkinan yang mungkin adalah ini merupakan upaya tubuh untuk melindungi mata.

5. Bersin dapat dikaitkan dengan orgasme

Sebagian orang membandingkan aksi bersin dengan orgasme, meskipun keduanya dibandingkan secara anekdot. Para peneliti mengatakan, ada beberapa laporan yang menunjukkan orang bersin saat terangsang secara seksual. Ini mungkin berhubungan dengan saraf otonom. “Mungkin ada koneksi antara hidung dengan organ genital, termasuk jaringan erektil,” ujar peneliti.

6. Sebagian orang bersin dengan suara keras

Ini dikarenakan setiap orang memiliki anatomi dan kemampuan pengelolaan tubuh yang berbeda-beda. Namun kebanyakan orang yang menjawab survei mengaku tingkat suara bersin mereka berbeda saat di tempat umum dan tempat privat.

7. Sebagian orang bersin lebih dari sekali

Sebagian orang secara alami bersin dua, tiga, hingga berkali-kali dalam sekali waktu. Umumnya bersin berkali-kali ini dikarenakan alergi. Pada kasus yang jarang, bersin berkali-kali juga dialami oleh penyandang epilepsi.



Dan yang paling penting. Jangan Lupa Ucapkan Alhamdulillah setelah anda bersin..karena taukah anda, saat anda bersin, maka saat itu juga jantung anda berhenti berdetak, dan atas izin Allah jua lah Seusai bersin jantung kita kembali berdetak..

Reply