4 Kebiasaan Sehari-hari Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Gigi Anda

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti dengan rutin menyikat gigi dan flossing. Sayangnya kebiasaan sehat ini bisa hilang manfaatnya jika kita masih sering melakukan kebiasaan yang merusak gigi. 
Berikut 4 kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan kesehatan gigi, seperti dilansir Periclean:
1. Makan permen dan camilan manis lain
Konsumsi makanan manis diketahui dapat membahayakan gigi, sebab bakteri dalam mulut yang memakan gula akan menghasilkan asam yang menggerogoti enamel pelindung gigi. Selain itu, permen yang lengket dan kenyal juga bisa menempel dan terjebak di dalam gusi.
2. Mengonsumsi minuman manis dan alkohol
Minuman manis tertentu seperti minuman soda dan jus buah dalam kemasan juga dapat membahayakan kesehatan enamel gigi Anda. Fakta lainnya, sifat asam pada alkohol diketahui bisa menggerogoti gigi dan menyebabkan gigi berlubang.
3. Merokok
Tahukah Anda bahwa merokok tak hanya buruk bagi paru-paru, tetapi juga untuk gigi Anda? Selain gigi menguning, kebiasaan ini juga dapat mengikis gusi dan jaringan lunak di dalamnya. Hal ini meningkatkan risiko Anda untuk terkena penyakit tertentu, seperti misalnya kanker mulut.
4. Membiarkan mulut kering
Anda perlu air liur untuk bisa membersihkan mulut dari zat asam. Jika pada dasarnya Anda memiliki masalah kering pada mulut, maka Anda sebaiknya banyak minum air putih untuk membantu proses pembersihan zat asam dari dalam rongga mulut.

Reply