Owalah, Ternyata Ini Sebab Kenapa Dokter Memakai Baju Berwarna Hijau Saat Operasi

Dalam ruang operasi, sering terlihat para dokter mengenakan baju seragam berwarna hijau. Padahal, awal mulanya dokter mengenakan pakaian berwarna putih karena melambangkan kebersihan.
Meskipun sulit dipastikan mengapa dokter lebih memilih seragam berwarna hijau, ketimbang warna lain saat mengoperasi pasiennya. Tapi faktanya warna hijau adalah lawan dari warna merah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push();

Warna hijau akan menyegarkan mata dari dokter yang melakukan operasi. Saat dokter selalu melihat benda-benda berwarna merah, termasuk organ-organ tubuh yang berlumuran darah ketika proses pembedahan berlangsung.

Melihat warna merah terus-menerus, menyebabkan sinyal warna merah di otak akan memudarkan sensitivitas terhadap variasi warna merah. Alasan lainnya, terus berfokus pada warna merah akan menyebabkan dokter yang melakukan operasi merasa terganggu.
Jika warna baju-baju para dokter berwarna hijau, maka hal ini akan menimbulkan ilusi yang berdampak baik bagi dokter yang melakukan bedah. Ilusi optik ini terjadi karena warna putih memiliki spektrum warna, termasuk hijau dan merah.
Namun, jika dokter melihat pakaian yang berwarna hijau atau biru, ilusi yang mengganggu ini akan berbaur tepat dengan warna pakaian dan tidak akan menimbulkan gangguan.
Alhasil, sang dokter tidak hanya berfokus pada warna merah. Itulah sebabnya para dokter menggunakan seragam berwarna hijau saat mengoperasi pasiennya. Demikian dirangkum Okezone dari ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’.

Incoming search terms: