Lakukan 4 Trik Ini Jika si Kecil Sering Pilih-pilih Makanan!

Pilih-pilih makanan dan rewel saat makan sudah biasa terjadi pada anak. Kecuali perlu kesabaran juga perlu trik menghadapi kelakuan si kecil saat makan. Agar asupan nutrisi tetap tercukupi.

Nutrisi memang sangat dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang. Masalahnya tidak semua makanan disukai oleh anak. Seringkali anak memilih hanya satu jenis makanan saja tiap kali makan. Karenanya lakukan trik sederhana ini untuk menyiasatinya agar asupan nutrisi anak selalu tercukupi.

1. Kurangi makanan olahan
Mulai kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang telah mengalami proses pengolahan. Makanan olahan biasanya berupa makanan beku dan kalengan yang mengandung bahan pengawet.

Sebelum membeli produk sebaiknya periksa terlebih dahulu label komposisi dan takaran saji yang terdapat pada bungkus. Terutama kandungan gula, garam, lemak jahat yang tidak bermanfaat bagi tubuh anak. Lebih baik anak diberi makanan dalam bentuk segar dengan citarasa aslinya.

2. Beri buah dan sayur lebih banyak
Anak butuh banyak nutrisi berupa vitamin, mineral, karbohidrat, dan senyawa lain yang dapat diperoleh dari buah dan sayur.  Jika anak kurang suka mengonsumsi buah dan sayur, ubah buah dan sayur menjadi sajian unik dan menyenangkan sehingga anak tertarik untuk memakannya. Misalnya dibuat menjadi karakter lucu kesukaan anak atau dimasak sesuai menu kesukaan anak.

Warna makanan juga mempengaruhi mood makan anak. Padu padankan warna-warna kontras agar menarik selera. Pastikan anak makan sayur dan buah setiap hari, jangan lupa air putih yang cukup agar anak terhindar dari dehidrasi akibat kelelahan dalam beraktivitas.

3. Makan dalam jumlah cukup
Selera makan anak memang sering berubah-ubah setiap harinya, hari ini makan lebih banyak dari hari sebelumnya, keesokannya makan sedikit bahkan tidak mau makan. Oleh karena itu pastikan kalori dan nutrisi anak tercukupi, tidak perlu dalam posisi banyak namun seimbang dan stabil.

Jangan melarang anak untuk makan makanan tertentu, tapi batasi jumlahnya. Mulai ajari anak untuk memilih makanan yang sehat sejak dini. Biarkan anak mengenal sendiri makanan yang baik dan mereka sukai. Karena jika terlalu dipaksakan anak malah akan menolak makanan-makanan yang disuguhkan.

4. Jadilah contoh yang baik
Anak selalu mencontoh segala aktivitas di sekelilingnya, termasuk kebiasaan orang tua. Sebagai orang tua, bertugas untuk memberikan contoh yang baik. Misalnya dalam hal memilih makanan dan cara mengonsumsinya.

Meski anak kurang menyukai suatu makanan tertentu jika melihat orang tua dan saudaranya memakan bahkan menghabiskan makanan, anak akan menjadi terpengaruh untuk menghabiskan makanan juga. Begitu juga sebaliknya.a