CARA MENERAPKAN KEJUJURAN PADA KARYAWAN

CARA MENERAPKAN KEJUJURAN PADA KARYAWAN
            Dalam dunia kerja kejujuran itu penting, tidak peduli hal yang besar atau kecil sekalipun. Saya mungkin sering mengatakan kalau kejujuran adalah barang yang mahal. Well itu juga berlaku di lingkungan kerja kantoran. Seorang pegawai yang jujur adalah pegawai yang di inginkan oleh setiap perusahaan. Semua orang mungkin bisa bekerja tapi dia belum tentu bisa jujur. Pegawai yang jujur juga pasti akan memiliki tempat yang spesial di hati dan pikiran atasannya. Akan tetapi untuk mendapatkannya juga tidak lah mudah. Tapi apakah anda percaya kalau kejujuran itu dapat dibentuk ?. Dengan cara menerapkan kejujuran dalam bekerja karyawan anda mungkin akan berubah menjadi pribadi yang jujur. Berikut ini ulasan tentang cara menerapkan kejujuran pada karyawan.

CARA MENERAPKAN KEJUJURAN PADA KARYAWAN

1. Berikan contoh

            Sebagai pemimpin perusahaan anda harus memberikan contoh yang baik kepada karyawan anda. Bagaimanapun bentuknya itu. Memberikan contoh perilaku jujur kepada karyawan tentunya akan menjadikan diri anda sebagai tolak ukur dalam kehidupan sehari – hari mereka bekerja kantoran. Maka dari itu berikanlah contoh perilaku jujur kepada mereka. Bayangkan jika anda sebagai pemimpin perusahaan berperilaku tidak jujur kepada karyawan anda, memang awalnya tidak akan menimbulkan dampak apa – apa tapi lama kelamaan akan memberikan dampak yang sangat fatal kepada anda dan perusahaan anda.

2. Berikan penghargaan

            Jika anda mendapati seorang karyawan yang bekerja secara jujur dalam lingkungan kantor anda, sebaiknya jangan anda biarkan begitu saja. Berikanlah penghargaan yang menurut anda cocok untuk dia terima. Tidak usah mewah yang penting berkesan untuk dia. Karena dengan begitu sang karyawan akan mengingat kalau perusahaan anda adalah jenis perusahaan yang sangat menghargai orang jujur sehingga dia pun makin betah untuk bekerja kepada anda.

3. Hukum seberat-beratnya pelaku kebohongan

            Nah inilah yang kadang diabaikan oleh seorang pimpinan perusahaan. Jika anda mendapati seorang karyawan anda berbohong dalam pekerjaan tidak peduli itu bohong kecil ataupun besar, hukum dia. Berikan hukuman yang sesuai dengan perilakunya. Jika dia berbohong kecil maka berikan hukuman ringan, jika dia berbohong besar sampai memberikan dampak ke perusahaan anda, langsung pecat saja dia jangan kasihani. Kalau perlu tarik kembali semua gaji yang telah anda berikan kepadanya. Biar dia rasakan kalau anda adalah orang yang tegas dan sangat membenci kebohongan. Jika anda menganggap cara yang satu ini terlalu kasar, saya tekankan bukan soal kasarnya yang saya maksud tapi pesan dan kesan di baliknya itu yang penting.

4. Jangan Memilih – milih

            Yang satu ini saya kira yang paling sering terjadi. Memilih – milih karyawan dari dulu sampai sekarang memang tidak ada manfaatnya. Malah hanya akan menimbulkan masalah. Jika anda memiliki kerabat atau teman yang bekerja dibawah anda, perlakukan dia selayaknya karyawan pada umunya. Jangan membedakan sikap anda terhadap dia dengan sikap anda terhadap karyawan lainnya. Pokoknya pukul sama rata. Walaupun itu kerabat anda tapi anda harus tegaskan kalau dia kerja di bawah anda. Dia harus profesional dalam bekerja. Apa kata karyawan lain jika anda membedakan sifat anda terhadap dia dengan sifat anda ke karyawan lainnya. Jika anda mendapati dia melakukan kebohongan hukum dia selayaknya anda menghukum karyawan anda lainnya. Supaya semua karyawan anda menganggap kalau anda adalah sosok yang selalu profesional dalam bekerja.

5. Terapkan keadilan

            Jangan pernah bertindak tidak adil kepada karyawan anda. Karena itu hanya akan menambah parah masalah. Bersikap lah adil kepada semuanya dalam hal apapun itu. Dalam penerapan kejujuran juga anda harus melakukan ini, agar anda akan mendapat kesan tegas dari karyawan anda dan mereka pun menjadi takut untuk berbuat macam – macam apalagi untuk melakukan kebohongan dalam perusahaan anda.