Waspada…!!! Ternyata Cegukkan Adalah Penyebab Stroke

Bagi kamu yang pernah mengalami cegukan, kamu pasti setuju bahwa saat cegukan terjadi rasanya sangat tidak enak dan tidak nyaman. Selain proses bernapas yang terganggu, cegukan juga membuat perut, kerongkongan, serta tenggorokan jadi terasa sakit.

Biasanya cegukan disebabkan karena kamu tersedak makanan yang sedang kamu cerna. Bahkan ada pula orang yang cegukan saat mereka mengonsumsi makanan pedas. Well, selain faktor di atas, berikut adalah beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan kamu cegukan.

Gangguan saraf

Ketika terjadi kerusakan pada saraf vagus, maka saraf-saraf lain yang ada pada sekitar leher, tenggorokan, dada dan perut akan bereaksi dan reaksinya adalah memunculkan suara dan gejala mirip cegukan. Kondisi spastik diafragma ini hanya bersifat sementara. Namun jika tidak kamu tangani dengan baik, maka bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Gejala stroke

Menurut penelitian medis, memang ada beberapa penyakit stroke yang dimulai dari gejala seperti cegukan yang disertai dengan rasa nyeri di dada, kebas, dan pandangan jadi terasa kabur.


(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push();

Gangguan fungsi ginjal

Ketika ginjal mengalami masalah atau gangguan, maka tubuh secara otomatis akan meresponnya dengan memunculkan suatu kondisi abnormal seperti cegukan. Hal ini disebabkan karena diafragma dan saraf vagus yang terganggu karena menurunnya fungsi ginjal bisa membuatmu mengalami gejala seperti cegukan.

Asam refluks

Naiknya asam refluks atau asam lambung yang kemudian melewati kerongkonganmu juga mampu mengganggu jalannya pernapasan. Dan pada akhirnya bisa membuatmu jadi cegukan.

Menurut penelitian kesehatan, cegukan tersebut terjadi ketika diafragma atau membran otot yang menjadi pemisah antara rongga dada dan perut mengalami kontraksi. Ketika hal tersebut terjadi, alur udara yang ada di dalam tubuh manusia mengalami sumbatan dan mengalir tersendat-sendat. Di saat yang sama pita suara menjadi menutup dan akhirnya mengakibatkan suara khas cegukan.

Cegukan memang tidak menyenangkan. Oleh karena itu kamu bisa mengatasinya dengan cara minum air putih yang banyak sambil menutup hidup. Kemudian atur napasmu dengan perlahan. Cara ini banyak dibuktikan mampu mengatasi cegukan yang terjadi.