Ternyata Inilah Pengakuan Zaskia Gotik Tentang Kesalahannya

Seorang public figure harusnya memberikan contoh positif bagi orang yang menyenanginya. Baik dalam bertingkah laku atau pun saat berucap.
Tapi yang terjadi saat ini sering kebalikannya. Sejumlah artis berbuat tak patut hingga berurusan dengan pihak berwajib.
Seperti yang dilakukan pedangdut Zaskia Gotik. Niatnya mau melucu di acara musik Dahsyat malah berbuah masalah.
Dalam segmen cerdas cermat, dia dengan gamblang menulis dan menyebut lambang sila kelima Pancasila dengan bebek nungging. Usai mengucapkan hal itu, dengan santainya dia dan sejumlah rekan artis di acara itu malah tertawa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push();

Buat Zaskia dan sejumlah rekannya hal semacam itu bak lelucon. Tapi tidak buat orang banyak, hingga akhirnya dia dilaporkan ke polisi.

Tak tanggung-tanggung tiga orang sekaligus melaporkan ucapan Zaskia. Setelah kaget dipolisikan karena ucapannya, Zaskia awalnya hanya meminta maaf biasa dan berdalih khilaf tak bermaksud melecehkan Pancasila.
“Iya pokoknya neng nggak berhenti, capek dan lelah untuk meminta maaf ke seluruh masyarakat Indonesia. Neng berbicara seperti itu tidak sadar dan neng kebawa euforia di atas panggung. Jadi ya neng nggak ada kata lelah untuk meminta maaf ke seluruh masyarakat Indonesia. Mohon dimaafkan kesalahan neng sebesar-besarnya, karena di sini neng masyarakat Indonesia juga jadi neng nggak mungkin sengaja menghina negara neng sendiri, yang mana neng dilahirkan dan mencari uang di sini,” ujar wanita berusia 25 tahun itu.
etelah itu Zaskia kemudian menghilang. Tim kuasa hukum menyebut wanita yang menyebut dirinya Eneng itu depresi.
“Zaskia nangis terus, saat telepon saya aja dia nangis. Dia tidak bisa hadir karena tidak enak badan dan depresi juga. Psikologinya juga terganggu karena kasus ini,” kata Sunan Kalijaga, kuasa hukum Zaskia.
“Kondisi fisik Zaskia kian menurun. Karena itu Zaskia belum bisa hadir menemui awak media lantaran secara psikis dia juga terguncang,” tambahnya.
Selang beberapa hari membela kliennya, Tim Pengacara Zaskia menyatakan mundur karena menilai mantan tunangan Vicky Prasetyo itu tak kooperatif.
Sehari setelah tim kuasa hukum menyatakan mundur, Zaskia akhirnya menggelar jumpa pers pada Selasa sore. Sambil meneteskan air mata, dia mengaku menyesal dan memang tak tahu lambang-lambang dari Pancasila.
“Banyak orang yang mikir, ‘Neng nih lulusan SD, pura-pura bego.’ Jujur, pertanyaan (tentang Pancasila) ini pertanyaan berat buat Neng. Sama sekali Neng tidak tahu jawabannya,” ujarnya dengan suara sendu saat jumpa pers di Kantor Nagaswara, Jalan Johar, Jakarta Pusat pada (22/3).
Zaskia mengatakan apa yang diucapkannya saat itu benar-benar spontan. Tidak ada sama sekali unsur kesengajaan.
“Neng dalam kondisi lagi bercanda, semua orang ketawa, terbersit di pikiran untuk menulis (jawaban). Jadi mengalir begitu aja. Spontanitas. Kalau dibilang sengaja, siapa yang sengaja,” lanjut Zaskia.
“Neng di sini public figure, Neng contoh untuk masyarakat. Masak Neng mau jatuhin diri sendiri, jatuhin negara sendiri yang Neng nyari duit di sini, lahir di sini. Nggak mungkin,” sambungnya berdalih.
Dia juga ikhlas bila karena kasus ini kariernya akan terancam. “Apapun yang terjadi di hidup neng, ikhlas, neng percaya Tuhan tahu niat saya, Allah tahu niat saya, saya ikhlas lahir dan batin,” ucapnya pasrah.
Yang jelas, kata dia, kejadian ini sangat berharga dan menjadi pelajaran berharga untuk dirinya.
“Ini semua sudah terjadi. Saya harus terima dengan lapang hati. Saya ridho. Ini pembelajaran untuk saya lebih baik,” ucapnya pasrah.
Dia ogah menyalahkan pihak mana pun atas kejadian ini. Termasuk pihak yang menghujat karena memang dirinyalah yang salah.
“Neng nggak mau salahkan ini dan itu. Neng ikhlas dengan hujatan. Ini pembelajaran buat Neng, supaya atur bahasa lebih baik lagi,” pungkasnya.
Untuk kasus ini sendiri, polisi sudah memanggil sejumlah artis yang ada di acara tersebut untuk dimintai keterangan. Sedangkan pemanggilan untuk Zaskia belum tahu kapan akan dilakukan.

Incoming search terms: