Tak Sopankah Menasehati Ibu atau Orang yang Lebih Tua?

Assalamualaikum…
Ummi, saya sering merasa bingung, sebagai manusia tentu memiliki banyak kesalahan dan jauh dari kata sempurna. Tapi setidaknya jika kita mampu, kita harus memperkecil hal tersebut.
Ketika ibu sedang melakukan kesalahan, terutama ghibah atau yang lain. Bagaimana menasehatinya? Sopankah hal tersebut, atau tidak?
Jawab:
Wa’alaikumussalaam…
Alhamdulillah, luar biasa sekali Nanda memiliki kepedulian untuk menasehati orang lain sekiranya melakukan kesalahan. Sesungguhnya nasehat merupakan hak orang lain dari diri kita, maka jangan sampai kita tidak memberikan hak tersebut hanya karena takut salah atau takut dianggap tidak sopan.
Yang perlu diingat ketika akan memberi nasehat adalah bahwa nasehat sebenar apapun akan menjadi buruk dampaknya ketika disampaikan dengan cara yang salah. Termasuk juga sopan atau tidak sopannya sebuah nasehat, sangat tergantung dari cara kita menasehati.
Untuk orangtua, berikan nasehat dengan gaya yang tidak menggurui atau merasa lebih tahu, misalnya ketika ibu sedang berghibah, daripada kita katakan “Bu, dosa loh berghibah!” akan lebih manis jika kita katakan, “Bu, lebih baik kita tanyakan langsung ke orangnya saja dulu daripada salah ya!” atau kata-kata lain semisal itu.
Semoga Nanda dimudahkan Allah untuk selalu berkontribusi dalam memperbaiki kesalahan orang lain.