CARA MEMBANTU ANAK DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN

 CARA MEMBANTU ANAK DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN
            Setiap orang tua pasti mengiinginkan yang terbaik untuk anak anak mereka, dalam hal apapun itu. Tapi untuk bisa melakukan itu anda perlu membantu anak anda dalam berbagai hal. tapi ingat jangan membantunya secara berlebihan karena itu hanya akan membentuk kepribadian anak yang manja. Cukup amati saja apa yang mereka lakukan nasihati jika dia melakukan kesalahan dan tuntun mereka.

            Termasuk dalam mengambil keputusan. Orang tua memiliki peran penting untuk membantu anak mengambil keputusan, itu dikarenakan anak adalah pribadi yang masih bisa dipengaruhi. masih mudah goyang pendiriannya. Maka dari itu jika tidak ditemani maka mungkin saja anak anda akan salah mengambil keputusan dan pada akhirnya anda dan keluarga anda yang harus menanggung akibatnya. Berikut ini ulasannya

CARA MEMBANTU ANAK DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN

1. Amatilah terlebih dahulu pilihan apa yang dihadapi anak

            Sebelum anak anda dihadapkan pada sebuah pilihan ada baiknya jika anda melihat pilihan itu dulu dan menganalisa yang mana yang terbaik untuk anak anda dan pertumubuhan kepribadiannya. Ini dimaksudkan agar jika anak anda bingung harus memilih yang mana maka anda akan mudah memberikan saran dan nasihat untuk membantunya memilih pilihan yang terbaik.

2. Jelaskan secara rinci setiap pilihan yang dihadapi anak anda

            Ya betul. Jelaskanlah secara rinci keterangan setiap pilihan yang dihadapi anak anda, karena dengan begitu selain anak anda bisa mengetahui dengan baik pilihan yang dihadapinya, anak anda juga tanpa sadar sudah anda program menjadi pribadi yang lebih teliti.

3. Cermati terlebih dahulu kepribadian anak anda

            Ini merupakan hal dasar yang memang harus dilakukan setiap orang tua kepada anaknya. karena dengan mencermati kepribadian anak seorang orang tua juga tau apa yang harus dilakukan jika sang anak sedang bingung. Dengan pengetahuan yang mendalam mengenai kepribadian sang Anak maka orang tua pasti akan memberikan pilihan yang terbaik untuk anak mereka.

4. Biarkanlah anak salah dalam memilih

            Kesalahan adalah sebuah pengalaman. Pengalaman adalah guru terbaik dalam kehidupan. Biarkanlah anak anda salah dalam mengambil keputusan supaya dia mendapatkan guru terbaik dalam kehidupannya sendiri. Anda cukup mengawasinya dan menjaga agar kesalahan yang di dapatkan sang anak tidak terlalu jauh sehingga mudah untuk diperbaiki
.

5. Memberi Contoh

            Anak adalah peniru terbaik. Maka dari itu bertindaklah dengan sikap yang terbaik supaya anak anda bisa menirunya dan akhirnya  kepribadiannya pun terbentuk dengan sikap terbaik yang telah anda contohkan kepadanya. 

Incoming search terms: