PENYEBAB KEKURUSAN DAN CARA MENGATASINYA

PENYEBAB KEKURUSAN DAN CARA MENGATASINYA
       Masalah berat badan bukan hanya mengenai obesitas, tapi juga bagi mereka yang memiliki tubuh kurus.  Kebanyakan orang yang mempunyai tubuh kurus, meski sudah banyak makan bahkan porsi makannya sudah 2x lipat tetap saja tidak bisa menggemukan badannya.

PENYEBAB KEKURUSAN DAN CARA MENGATASINYA 

Faktor penyebab kurus
1.      Faktor genetik

    Faktor genetik atau faktor keturunan merupakan faktor  penyebab badan kurus yang tidak dapat dihindari. Faktor genetik terbagi menjadi dua yaitu gen dominan dan gen resesif. Gen dominan merupakan gen yang diturunkan langsung orang tua kepada anaknya. Sedangkan gen resesif adalah gen yang diturunkan secara tidak langsung, mungkin dari kakek atau nenek.

2.      Sistem metabolisme yang cepat

    Metabolisme merupakan suatu proses tubuh yang mengubah makanan dan minuman yang dikonsumsi menjadi energy. Seseorang yang sudah makan banyak namun tetap kurus mempunyai sistem metabolisme yang cepat sehingga menyebabkan makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar , sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh.

3.      Kurang gizi

     Asupan gizi sangat berpengaruh pada berat badan seseorang. Orang yang asupan gizinya sedikit  menyebabkan tubuhnya menjadi kurus. Karena tubuh tidak memperoleh nutrisi yang sesuai. Sedangkan orang yang asupan gizinya cukup menyebabkan tubuhnya menjadi gemuk.

4.      Stress

     Seseorang yang mengalami stress dapat menyebabkan  berat badannya bertambah atau berkurang.  Stress menyebabkan sebagian orang kehilangan nafsu makan

5.      Aktivitas

     Bentuk badan juga dapat ditentukan dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Semakin banyak beraktivitas, tubuh akan semakin banyak membakar kalori. Akibatnya seseorang yang makan banyak, tubuhnya tetap akan kurus karena mempunyai aktivitas yang padat.

6.      Defisiensi mineral

     Air sangatlah penting bagi manusia karena sebagian besar penyusun tubuh manusia adalah molekul air. Air putih dapat memperlancar proses pencernaan dan penyerapan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Selain itu air dapat mencegah kita dari dehidrasi yang dapat membuat tubuh kita menjadi lemah. Kekurangan air dapat menyebabkan sistem pencernaan kita terganggu dan menyebabkan tubuh kita menjadi kurus.

Cara mengatasinya

         Makan teratur 3 kali sehari, biasakan sarapan, makan siang dan makan malam tepat waktu.
         Minum susu 2 gelas setiap hari. Karena susu mengandung protein yang berfungsi untuk memberikan massa otot, struktur organ dan memperbaiki sistem imun.
         Perhatikan asupan dan nilai gizi makanan yang kita konsumsi. Untuk wanita dibutuhkan sekitar 1900 kalori setiap hari sedangkan untuk pria sekitar 2200 kalori. Namun, jika ingin menggemukkan badan, tambahlah asupan kalori sebanyak 1000 kalori per hari.
         Konsumsi sayur dan buah supaya kebutuhan vitamin anda terpenuhi.
         Konsumsilah lemak sehat seperti omega 3 dan omega 6.
         Jangan begadang, tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup, 8 jam tiap hari.
         Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.
         Hindari menyantap makanan junk food. Karena makanan ini mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Anda pasti tidak menginginkan tubuh yang gemuk namun tidak sehat.
          
                                                                             By Innah Hanur

Incoming search terms: