CARA MEMPERERAT HUBUNGAN SILATURAHMI ANTAR MASYARAKAT

CARA MEMPERERAT HUBUNGAN SILATURAHMI ANTAR MASYARAKAT
            Dalam kehidupan bermasyarakat kita pastinya tidak bisa lepas dari yang namanya silaturahmi antar masyarakat. Maksud saya disini adalah hubungan antar masyarakat di daerah satu dengan daerah lainnya, antar satu kota dengan kota lain dan antar satu desa dan desa lainnya. Menurut saya kegiatan ini sangatlah penting karena walaupun kita adalah masyarakat kota dengan perekonomian maju kita pastinya tidaka akan berdiri tanpa adanya bantuan masyarakat di kota lain. Sama seperti pengertian manusia adalah mahkluk sosial. Maka dari itu jika anda adalah seorang pemimpin saya sarankan untuk sering – sering mempererat hubungan silaturahmi antar masyarakat. Berikut ini beberapa cara mempererat hubungan siltaurahmi antar masyarakat menurut saya.

CARA MEMPERERAT HUBUNGAN SILATURAHMI ANTAR MASYARAKAT

1. Membuat acara bersama

            Buatlah acara bersama entah itu acara 17 agustus ataupun acara masyarakat lainnya. Dan jika anda ingin membuatnya jangan lupa untuk mengajak warga di kota ataupun desa lain untuk turun tangan dalam mewujudkannya. Usahakan sering – sering mungkin anda melakukan hal ini karena berawal dari hal kecil ini lah biasanya silaturahmi bisa terwujud.

2. Mengadakan kerja sama

            Adakanlah kerja sama antar sesama desa ataupun kota. Entah itu dalam bentuk perekonomian pangan dan segala macam bentuk kerja sama lainnya. Karena dengan begitu selain bisa mengurangi tingkat pengangguran di sebuah kota anda juga mungkin akan saling di untungkan dari kerja sama tersebut.

3. Saling tolong menolong

            Tidak selamanya kehidupan akan berjalan normal tanpa cobaan. Pasti akan ada saatnya dimana kita akan mengalami cobaan yang kita sendiri mungkin tidak bisa melewati cobaan tersebut tanpa bantuan orang lain. Dan jika itu terjadi pada tetangga kota ataupun desa sebelah anda janganlah pernah pelit untuk menolongnya. Karena selain anda telah menjunjung tinggi rasa kemanusiaan dalam diri masyarakat di kota anda otomatis warga di kota yang terkena bencana tersebut akan merasa mempunyai hutang budi kepada warga di kota anda.

4. Saling pengertian

            Saling pengertian antar masyarakat terkadang kita sering lupakan. Seringkali kita lebih mementingkan diiri sendiri tanpa mau mengerti dengan keadaan warga di kota ataupun desa lainnya. Dan biasanya dampak dari hal ini adalah marahnya warga dari desa atau kota sebelah terhadap sikap anda sehingga timbul kecaman atau bakan tindakan anarkis lainnya. Maka dari itu mengapa saling pengertian merupakan hal yang penting dalam membangun hubungan silaturahmi antar masyarakat.

5. Saling menghormati

            Yang saya maksudkan saling menghormati disini adalah, sama halnya seperti saling menghormati antar umat yang berbeda agama. Menghormati kebiasaan adat dan kebudayaan warga di kota ataupun desa sebelah. Tidak pernah mencela ataupun menyindir kebiasaan mereka karena bertentangan dengan kebiasaan di tempat kita.