CARA MELIHAT PELUANG SUATU WIRAUSAHA

CARA MELIHAT PELUANG SUATU WIRAUSAHA
            Dalam usaha membangun suatu wirausaha pastinya kita tidak boleh serta merta menentukan jenis bisnis atau usaha yang akan kita jalani. Kita harus cermat dan teliti sebelum menjalani usaha atau bisnis tersebut. Karena jangan sampai bisnis kita itu gagal dan kitapun akan menderita rugi uang dan waktu. Sebenarnya untuk menjalankan bisnis itu tidak ada aturan. Asalkan anda siap raga, waktu dan modal andapun sudah bisa memulainya. Tapi terkadang sebagian orang memiliki niat untuk menjalankan bisnis hanya sekedar ikut – ikutan. Dia tidak pandai dalam melihat peluang padahal dalam suatu bisnis hal inilah yang terpenting. Maka dari itu jika anda seorang wirausahawan dan anda tidak tau cara melihat peluang suatu wirausaha ada baiknya jika anda menyimak ulasan berikut.

 CARA MELIHAT PELUANG SUATU WIRAUSAHA

1. Amati jenis bisnis yang lagi ngetrend

            Sebenarnya untuk hal yang satu ini tidak terlalu perlu anda ikuti, karena biar bagaimanapun jenis bisnis yang lagi ngetrend sekarang kita belum tentu berniat menjalankan jenis bisnis yang sama. Karena setiap orang pasti memiliki jenis bisnis yang ingin di bangunnya tersendiri. Jika memang anda ingin mengikuti jenis bisnis yang lagi ngetrend saya sarankan anda harus konsisten karena biasanya jenis bisnis yang lagi ngetrend adalah jenis bisnis musiman. Seperti contohnya barber shock beberapa waktu yang lalu orang – orang sedang ramai bercukur di barber shock karena ingin mendapatkan potongan rambut yang klimis dan rapih tapi seiring berjalannya waktu akhirnya sebagian orang memutuskan untuk kembali ke tempat cukur madura karena dinilai lebih praktis dan murah. Maka dari itu sekali lagi saya tekan kan jika anda memang ingin mengikuti bisnis yang lagi ngetrend sebaiknya anda konsisten menjalankannya.

2. Cermati kondisi pasar

            Pintar – pintarlah dalam mencermati kondisi pasar, stabil atau tidak, labil atau tidak dll. Jangan sampai anda menjalankan bisnis anda pada saat kondisi pasar lagi kacau, kenaikan bahan pangan yang sangat tinggi dan berbagai macam kondisi buruk pasar lainnya. KArena bisa dipastikan kalau anda akan mengalami kerugian jika memaksa untuk menjalanknnya.

3. Pilihlah pasar yang tepat

            Pilihlah pasar yang tepat untuk bisnis anda adalah jenis langkah yang memang harus anda lakukan sebelum anda membangun sebuah bisnis. Jika anda ingin pasar anda adalah orang kantoran maka sebaiknya anda membangun bisnis yang berhubngan dengan kantor jika anda ingin bisnis olahraga maka buatlah bisnis penjualan alat – alat olahraga ataupun gym dan sebagainya. itulah yang dimaksud dengan memilih pasar. Jangan sampai anda memilih pasar yang salah, jenis bisnis anda adalah kantoran sedangkan anda menawarkan produk pada orang yang suka berolaraga kan tidak masuk akal.

4. Memilih jenis wirausaha yang sesuai dengan anda

            Nah ini adalah langkah yang harus anda perhatikan baik – baik. Jika anda adalah orang dengan keahlian di bidang komputer maka sebaiknya anda memanfaatkan skill anda tersebut dengan membangun bisnis services atau jual laptop. Jika anda memiliki bakat dibidang makanan maka bangunlah bisnis restaurant dengan menu yang sangat anda kuasai. Intinya pahamilah skill anda terlebih dahulu, apa yang anda miliki dalam diri anda dll. Karena dengan begitu anda akan mudah untuk memutuskan jenis bisnis apa yang akan anda buat. Usahakan jangan ikut – ikutan karena bisa dipastikan kalau jalannya bisnis anda pun akan sulit.

5. Segera mungkin mengawali

            Jika sudah mendapat ide dll, segeralah mengawali. Biasanya langkah sulit untuk membangun sebuah bisnis adalah mengawalinya tapi ada lagi yang lebih sulit yaitu mempertahankannya. Maka dari itu segeralah mengambil langkah pertama talk less do more. Karena dengan langkah pertama biasanya kita akan tau langkah apa yang sebaiknya kita ambil selanjutnya.