Bahaya Ternyata Menyilangkan Kaki Saat Duduk Dapat Menimbulkan Penyakit Berikut

Kebiasaan duduk dalam keadaan menyilang memang sulit dihilangkan. Biasanya posisi duduk nyaman itu kita lakukan saat sedang makan, bekerja, atau sesekali saat santai. Namun tahukah Anda bahwa posisi duduk menyilang itu berbahaya bagi kesehatan? Seperti dilansir Yahoo Health, berikut dampak negatifnya.

1. Sakit punggung dan leher

Menurut ahli terapi fisik ortopedi Vivian Eisenstadt, menyilangkan kaki Anda hanya akan menyebabkan sakit punggung dan leher. Duduk dengan kaki disilangkan dapat menyebabkan rotasi salah satu tulang panggul Anda. Dan, jika terlalu lama berada dalam posisi itu, punggung Anda semakin banyak mendapat tekanan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push();
2. Menyebabkan varises

Varises juga disebabkan oleh terlalu lama Anda duduk menyilang. Hal itu disebabkan karena tekanan dari satu kaki di atas yang menyebabkan aliran darah terhambat dan merusak pembuluh darah di kaki. Parahnya, jika pembuluh darah sudah rusak bisa berisiko menyebabkan kebocoran yang menyebabkan varises atau lebih buruk.

3. Meningkatkan tekanan darah

Darah dalam kaki harus dipompa kembali ke jantung. Darah harus susah payah melawan gravitasi untuk mencapai jantung. Tetapi saat posisi duduk menyilang, aliran darah akan terhambat. Akibatnya, tubuh Anda harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong darah kembali ke jantung. Tak ada efek langsung yang dirasakan, namun jika dibiarkan Anda akan menghadapi masalah kesehatan jangka panjang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push();

4. Gangguan saraf kaki

Menyilangkan kaki dapat menyebabkan tekanan pada saraf peroneal Anda– saraf utama dalam kaki yang melewati tepat di bawah lutut. Tekanan itu bisa menyebabkan mati rasa dan kelumpuhan sementara dari beberapa otot di kaki.

Incoming search terms: